Visi & Misi

VISI

Visi Program Studi Sosiologi adalah :

“Menjadi sepuluh Program Studi terbaik di Indonesia pada Tahun 2025 dalam pengembangan manajemen pemberdayaan masyarakat”

MISI

Misi Program Studi Sosiologi adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan kesarjanaan yang berkualitas dan berorientasi kepada pemenuhan berbagai kebutuhan pemberdayaan masyarakat;
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan rekayasa sosial melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Mengembangkan jaringan kerjasama (kemitraan) di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan manajemen pemberdayaan masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana yang berkualitas dalam hal: (a) penguasaan konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan, teori-teori, dan metodologi penelitian sosial; (b) mampu menganalisis masalah-masalah sosial dalam masyarakat yang mengalami proses perubahan, dan mampu menetapkan alternatif pemecahannya; (c) mampu mengaplikasikan teori, metode, model, dan konsepsi-konsepsi sosial yang ilmiah dalam rangka peningkatan keahlian dan keterampilan.
  2. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan rekayasa sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menghasilkan temuan atau inovasi model-model pemberdayaan masyarakat berdasarkan disiplin ilmu pengetahuan dan rekayasa sosial berbasis ilmu sosiologi melalui berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan manajemen pemberdayaan masyarakat melalui pengetahuan berbasis data dan fungsi konsultasi pembangunan komunitas.

SASARAN PROGRAM STUDI

  1. Untuk melahirkan sarjana Sosiologi yang memiliki semangat dalam pengembangan manajemen pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan cara membentuk kurikulum yang sesuai dengan SN-Dikti dengan memperhatikan aspek soft-skill sebagai bagian dari kompetensi Program Studi Sosiologi.
  2. Untuk mengidentifikasi dan mengembangkan berbagai potensi masyarakat yang dilakukan dengan menggiatkan penelitian pada masalah-masalah aktual untuk selanjutnya dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberi solusi terhadap masalah-masalah aktual yang dihadapi masyarakat.
  3. Mengembangkan strategi pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian dan kemampuan bekerjasama dengan menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL).
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pemerintah, BUMN, dan swasta melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.