Mahasiswa Jurusan Sosiologi Eksplorasi Adat Istiadat Marga Legun

Pada Sabtu, 21 April 2018, ratusan mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP Unila melakukan kuliah lapangan di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Kuliah lapang ini dilakukan dalam rangka praktek penelitian mata kuliah metode kualitatif yang bertemakan “Adat Istiadat Marga Legun dan Sistem Cara memasak Nasi secara Tradisional”. Dalam kuliah lapangan tersebut, awal mula kedatangan para mahasiswa disambut dengan ritual penyambutan tamu oleh para hulu balang. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan dan sekaligus penobatan pemberian gelar adat penghargaan kepada Dr. Bartoven Vivit Nurdin selaku dosen pengampu, sebagai Puteri Marga Legun Way Urang dengan gelar adat Radin Ayu Puteri Khunjungan.

Acara penganugerahan gelar adat ini diiringi dengan Ngias, yakni tradisi pemberian gelar adat. Setelah itu, kegiatan kuliah lapangan tersebut dibagi dalam dua sesi, sesi pertama adalah Focus Group Discussion (FGD), yakni masing-masing pemuka adat dari tiap kepaksian menyampaikan sejarah dan adat istiadat dari masing-masing kepaksian, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh mahasiswa. Sesi kedua yakni praktek tradisi memasak yang dilakukan para ibu-ibu dari masyarakat Adat Marga Legun, aktivitas tersebut dibarengi oleh mahasiswa yang melakukan wawancara mendalam dan pengamatan. Terlihat bahwa para mahasiswa sangat antusias dalam bertanya tentang
tradisi dan budaya masyarakat adat Marga Legun Way Urang. Rangkaian kegiatan kuliah lapang tersebut berakhir menjelang sore hari.

Galeri (Dokumentasi) Foto Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *